Mini Biografi tentang Andy Warhol

Mini Biografi tentang Andy Warhol

KonveksiPoloKemeja.com – Illustrator Andy Warhol adalah salah satu artis paling produktif dan populer pada masanya, menggunakan mutu bagus dan kepekaan yang sangat komersial.

Ringkasan

Lahir pada tanggal 6 Agustus 1928, di Pittsburgh, Pennsylvania, Andy Warhol adalah ilustrator majalah dan iklannya sukses kemudian menjadi artis terkemuka dari tahun 1960-an gerakan seni Pop. Dia berkelana ke berbagai bentuk seni, termasuk seni pertunjukan, pembuatan film, instalasi video dan menulis, dan kontroversial mengaburkan garis antara seni rupa dan estetika mainstream. Warhol meninggal pada 22 Februari 1987, di New York City.

Masa Muda

Andrew Warhola lahir pada 6 Agustus 1928, di lingkungan Oakland di Pittsburgh, Pennsylvania, orang tua Andy Warhol adalah imigran Slovakia. Ayahnya, Ondrej Warhola, adalah seorang pekerja konstruksi, sementara ibunya, Julia Warhola, adalah penyulam. Mereka Katolik Bizantium taat yang menghadiri misa secara teratur, dan dipelihara banyak budaya Slovakia mereka dan warisan ketika tinggal di salah satu Timur kantong-kantong etnis Eropa Pittsburgh.

Pada usia 8, Warhol dikontrak Chorea-juga dikenal sebagai St Vitus Dance-penyakit langka dan fatal dari sistem saraf yang membuatnya terbaring di tempat tidur selama beberapa bulan. Itu selama bulan-bulan, sedangkan Warhol sakit di tempat tidur, bahwa ibunya, dirinya seorang seniman terampil, memberinya pelajaran menggambar pertamanya. Menggambar segera menjadi hobi masa kecil favorit Warhol. Dia juga seorang penggemar berat dari film, dan ketika ibunya membelikannya kamera pada usia 9 ia mengambil fotografi juga, mengembangkan film kamar gelap sementara ia mendirikan di ruang bawah tanah mereka.

Warhol menghadiri Sekolah Dasar Holmes dan mengambil kelas seni gratis yang ditawarkan di Carnegie Institute (sekarang Carnegie Museum of Art) di Pittsburgh. Pada tahun 1942, pada usia 14, Warhol yang lagi menderita tragedi ketika ayahnya meninggal dari hati kuning. Warhol begitu marah bahwa dia tidak bisa menghadiri pemakaman ayahnya, dan dia bersembunyi di bawah tempat tidurnya. Ayah Warhol telah diakui bakat seni anaknya, dan dalam wasiatnya ia mendiktekan bahwa tabungan hidupnya dapat pergi ke arah pendidikan tinggi Warhol. Pada tahun yang sama, Warhol mulai di Schenley SMA, dan setelah lulus, pada tahun 1945, ia terdaftar di Carnegie Institute for Technology (sekarang Carnegie Mellon University) untuk belajar desain bergambar.

Karir Artistik

Ketika ia lulus dari perguruan tinggi dengan gelar Bachelor of Fine Arts pada tahun 1949, Warhol pindah ke New York City untuk mengejar karir sebagai seniman komersial. Itu juga saat ini bahwa ia menghilangkan huruf “a” pada akhir nama terakhir menjadi Andy Warhol. Dia mendarat pekerjaan dengan majalah Glamour pada bulan September, dan kemudian menjadi salah satu artis komersial yang paling sukses dari tahun 1950-an. Dia memenangkan penghargaan sering untuk gaya unik aneh nya, menggunakan sendiri teknik baris dihapuskan dan karet stempel untuk membuat gambar nya.

Pada akhir 1950-an, Warhol mulai mencurahkan lebih memperhatikan lukisan, dan pada tahun 1961, ia memulai debutnya konsep lukisan “seni pop”yang berfokus pada barang-barang komersial yang diproduksi secara massal. Pada tahun 1962, ia memamerkan lukisan sekarang-ikon kaleng sup Campbell. Karya kanvas ini kecil produk konsumen sehari-hari menciptakan kegemparan besar di dunia seni, membawa kedua Warhol dan seni pop menjadi sorotan nasional untuk pertama kalinya.

old fashioned vegetable

Salah satu karya Andy Warhol

Seniman Inggris Richard Hamilton menggambarkan seni pop sebagai “populer, sementara, dibuang, biaya rendah, diproduksi secara massal, muda, cerdas, seksi, menarik perhatian, glamor, bisnis besar.” Sebagai Warhol sendiri mengatakan, “Setelah Anda ‘punya’ pop, Anda tidak pernah bisa melihat tanda dengan cara yang sama lagi. Dan setelah Anda pikir pop, Anda tidak pernah bisa melihat Amerika dengan cara yang sama lagi.”

Lukisan pop terkenal lainnya Warhol digambarkan botol Coca-cola, pembersih vakum dan hamburger. Dia juga melukis potret selebriti di warna yang hidup dan norak; pelajaran yang paling terkenal termasuk Marilyn Monroe, Elizabeth Taylor, Mick Jagger dan Mao Zedong. Sebagai potret ini mendapatkan ketenaran dan ketenaran, Warhol mulai menerima ratusan komisi untuk potret dari sosialita dan selebriti. potretnya “Delapan Elvises” akhirnya dijual kembali untuk $ 100 juta pada tahun 2008, menjadikannya salah satu lukisan paling berharga dalam sejarah dunia.

Pada tahun 1964, Warhol membuka studio seni sendiri, sebuah gudang besar perak-dicat dikenal sebagai “The Factory.” Pabriknya menjadi salah satu hotspot budaya utama New York City, adegan pesta mewah dihadiri oleh sosialita terkaya kota dan selebriti, termasuk musisi Lou Reed, yang membayar upeti kepada penipu dan waria ia bertemu di Pabrik dengan hit-nya lagu “Walk on the Wild Side” yang mengandung deskripsi dari individu yang perlengkapan di legendaris studio / gudang di tahun 60-an, termasuk Holly Woodlawn, Permen Sayang, “Little Joe” Dallesandro, ” Sugar Plum Fairy ” Joe Campbell dan Jackie Curtis. (Warhol adalah teman dari Reed dan dikelola Band Reed, Velvet Underground.)

andy-warhol-2

Salah satu karya Andy Warhol untuk cover album The Velvet Underground & Nico yang dikomersilkan

Warhol, yang jelas menikmati selebriti, menjadi figure di terkenal klub malam New York City seperti Studio 54 dan Max Kansas City. Mengomentari selebriti fiksasi-nya sendiri dan masyarakat luas-Warhol diamati, “lebih dari apa pun orang hanya ingin bintang.” Dia juga bercabang di arah baru, penerbitan buku pertamanya, Indeks Andy Warhol, pada tahun 1967.

Pada tahun 1968, bagaimanapun, karir berkembang Warhol hampir berakhir. Dia ditembak oleh Valerie Solanas, seorang penulis dan radikal feminis calon, pada 3 Juni Warhol luka serius dalam serangan ini. Solanas telah muncul di salah satu film Warhol dan dilaporkan marah dengan dia atas penolakannya untuk menggunakan script yang ditulisnya. Setelah penembakan itu, Solanas ditangkap dan kemudian mengaku bersalah kejahatan. Warhol menghabiskan seminggu di sebuah rumah sakit New York pulih dari cedera.

Pada 1970-an, Warhol terus mengeksplorasi bentuk media lainnya. Ia menerbitkan buku-buku seperti The Philosophy of Andy Warhol (Dari A ke B dan kembali lagi) dan Eksposur. Warhol juga bereksperimen secara luas dengan seni video, memproduksi lebih dari 60 film selama karirnya. Beberapa film yang paling terkenal termasuk Sleep, yang menggambarkan penyair John Giorno tidur selama enam jam, dan makan, yang menunjukkan seorang pria makan jamur selama 45 menit.

Warhol juga bekerja pada patung dan fotografi, dan pada 1980-an, ia pindah ke televisi, Mr. Andy Warhol TV dan Andy Warhol Fifteen Minutes di MTV.

Kematian dan Warisan

Warhol meninggal pada 22 Februari 1987, pada usia 58. kehidupan pribadinya telah menjadi subyek dari banyak perdebatan dan pertimbangan. Dia secara luas diyakini telah menjadi pria gay, dan seni sering diresapi dengan citra homoerotic dan motif. Namun, ia mengaku bahwa ia tetap lajang dalam hidupnya.

Kehidupan Warhol bekerja secara bersamaan satir dan dirayakan materialitas dan selebriti. Di satu sisi, lukisannya gambar merek dan wajah selebriti terdistorsi bisa dibaca sebagai kritik terhadap apa yang dianggapnya sebagai budaya terobsesi dengan uang dan selebriti. Di sisi lain, fokus Warhol pada barang-barang konsumen dan ikon budaya pop, serta rasa sendiri untuk uang dan ketenaran, menyarankan hidup dalam perayaan yang sangat aspek budaya Amerika yang karyanya dikritik. Warhol berbicara dengan kontradiksi ini antara hidup dan bekerja dalam bukunya The Philosophy of Andy Warhol, menulis bahwa “Membuat uang adalah seni dan bekerja adalah seni, dan bisnis yang baik adalah seni yang terbaik.”

 

Buat Pakaianmu di Konveksi Semarang (Twenty-five Studio)

Merupakan rumah produksi yang bergerak di bidang pembuatan pakaian yang berlokasi di Kota Semarang. Produk yang dihasilkan dari Konveksi Semarang (Twenty-five Studio) ini antara lain kaos, baju kerah, polo, seragam kemeja, topi dan celana training.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *